Peralatan bayi baru lahir memiliki banyak ragam macamnya. Berbelanja perlengkapan bayi merupakan salah satu hal paling menyenangkan semasa kehamilan. Sewaktu Anda melihat-lihat barang-barang kebutuhan bayi di took-toko maupun mall, semuanya pasti tampakmanis, lucu, dan tentunya sangat menarik bagi Anda.

Peralatan Bayi Baru Lahir

Pada saat seperti itu dapat dikatakan bahwa Anda sedang ‘lapar mata’. Hal ini merupakan hal yang wajar, kebanyakan ibu hamil juga merasakan hal yang sama. Akan tetapi, seperti yang Anda tahu peralatan bayi baru lahir tidak menghabiskan biaya yang sedikit. Apabila budget Anda terbatas, maka di bawah ini terdapat beberapa tips berhemat.

  • Membuat daftar belanjaan

Buatlah daftar perlengkapan bayi yang dibutuhkan sejak Anda tengah mengandung. Buatlah secara rinci, mulai dari kebutuhan pakaian, kebutuhan menyusui, perlengkapan mandi, furnitur ruang bayi, dan perlengkapan bayi yang lain.

  • Menghitung jumlah yang dibutuhkan

Tentukan berapa kali seminggu Anda mencuci pakaian, sehingga jumlah pakaian yang diperlukan bisa dihitung selanjutnya dapat Anda kalikan dua atau tiga jika Anda ingin berjaga-jaga mengingat bayi sering kali perlu ganti pakaian. Untuk membeli botol susu, tentukan seberapa sering Anda ingin mensterilkannya dalam satu hari.

  • Membeli pakaian dan diaper dengan ukuran 1 nomor lebih besar

Bayi yang baru lahir mengalami pertumbuhan yang sangat cepat sehingga terkadang pakaiannya cepat sekali berubah jadi tidak muat. Oleh Karena itu, belilah pakaian 1 ukuran lebih besar.

Pastikan Anda tidak terpaku pada petunjuk umur karena dapat berbeda pada tiap-tiap merk. Begitu pula pada pembelian diaper, pastika Anda membeli diaper dengan ukuran newborn dan juga nomor 1.

  • Membeli dalam jumlah atau kemasan besar

Dengan Anda membeli dalam jumlah besar maka tentunya akan mendapat harga yang lebih murah. Bebera barang yang dapat dibeli dalam jumlah/kemasan antara lain seperti baby wipes, diaper, sabun, shampoo, sarung tangan, kaos kaki. Anda juga dapat membeli pakaian bayi dalam jumlah besar di pusat perbelanjaan grosir.

  • Berburu barang diskon

Selain membeli secara grosir, Anda juga dapat memanfaatkan kesempatan berhemat melalui diskon-diskon. Oleh karena perlengkapan bayi dapat disiapkan jauh-jauh hari, tentunya masih banyak waktu untuk tidak melewatkan diskon.

  • Meminjam dari orang lain

Anda juga dapat meminjam beberapa perlengkapan dari orang-orang terdekat Anda apabila mereka sudah tidak menggunakannya lagi. Sebagai contoh adalah ranjang bayi, kereta dorong (stroller), alat penghangat botol susu, alat sterilisasi botol susu, dan lain sebagainya. Barang-barang yang sebaiknya tidak dipinjam adalah pompa ASI.

Setelah membaca artikel ini tentunya Anda telah mendapat gambaran mengenai bagaiamana strategi Anda dalam membeli peralatan bayi baru lahir, bukan? Jika Anda ingin melihat-lihat perlengkapan-perlengkapan namun sedang malas pergi, Anda dapat mengunjungi orami.com sebagai salah satu ilihan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *