Belanja dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari maupun kebutuhan yang sifatnya insidentil. Banyak orang menjadikan kegiatan belanja sebagai kesempatan untuk refreshing. Ada pula yang menjadikan belanja sebagai salah satu hobi. Apapun itu, belanja memang kegiatan yang penting sekaligus menyenangkan untuk dilakukan.

Kini semua orang bisa semakin mudah berbelanja. Jika dulu belanja dilakukan dengan pergi ke minimarket atau toko terdekat, kini belanja bisa dilakukan dari rumah. Ya, belanja bisa dilakukan secara online. Anda hanya perlu mengakses toko online dan mencari produk yang ingin anda beli. Proses pembayaran juga tidak ribet sehingga terasa simpel dan sangat praktis.

B2B MarketPlace Indonesia Blibli

Bicara soal belanja, kali ini kita akan membahas bagaimana cara yang tepat mengajarkan kegiatan belanja kepada anak. Anak-anak memang belum waktunya untuk pergi berbelanja sendiri, namun ada baiknya mereka tahu bagaimana cara belanja yang baik agar di ketika tumbuh dewasa nanti mereka bisa bijak menggunakan uang untuk berbelanja.

Mengajari Anak Berbelanja

Anak-anak memiliki pemikiran yang masih polos dan sederhana. Oleh karena itu, jika kita ingin mengajarkan sesuatu kepada mereka, kita harus melakukannya dengan cara yang juga sederhana agar mudah untuk dipahami. Begitu juga ketika kita ingin mengajari mereka cara belanja yang bijak, lakukan secara perlahan dan sampaikan dengan cara yang mudah mereka mengerti.

Berikut adalah 5 tips mengajari anak belanja dengan baik :

  1. Ajari Anak Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Biasakan anak untuk membeli barang-barang yang memang mereka butuhkan. Anak-anak biasanya memiliki banyak sekali keinginan. Mereka ingin beli ini itu tanpa memikirkan apakah benda itu mereka butuhkan atau tidak. Sedini mungkin, biasakan anak untuk membedakan mana yang mereka butuhkan dan mana yang hanya sekedar keinginan.

 

  1. Minta Anak Menentukan Pilihan

Orang tua sangat dianjurkan untuk tidak selalu menuruti semua keinginan anak. Orang tua harus bisa memberikan batasan kepada anak. Ketika anak meminta lebih dari satu barang saat belanja, mintalah anak untuk memilih satu saja barang untuk dibeli jangan langsung menuruti semua yang mereka inginkan.

 

  1. Buat Batasan Jumah Uang untuk Mereka

Berikan batasan jumah uang yang bisa digunakan anak-anak untuk belanja. Jangan membiarkan anak membeli barang-barang sesuka hati mereka tanpa batasan. Anda bisa memberikan mereka uang saku yang terbatas supaya mereka bisa lebih bijak memilih barang untuk dibeli.

 

  1. Ajari Anak Menilai Penting atau Tidaknya suatu Barang

Ketika anak ingin membeli suatu barang, coba tanyakan lagi kepada anak apakah barang tersebut penting baginya atau tidak. Tanyakan kepada anak barang yang akan dibeli tersebut akan dipakai untuk apa. Kalau mereka memiliki jawaban dan alasan yang bisa diterima, barulah anda bisa mengizinkan mereka untuk membeli barang tersebut.

 

  1. Ajari Anak Belanja sesuai Daftar

Ajari anak anda untuk membuat daftar belanjaan. Selanjutnya, anak bisa belanja dengan menggunakan panduan dari daftar yang sudah dia buat. Belanja dengan menggunakan daftar belanja memang jauh lebih mudah dan bisa mengendalikan diri untuk tidak tergona membeli produk lainnya di luar kebutuhan.

Itulah tadi 5 tips mengajari anak belanja secara efektif. Anda juga bisa mengajak anak anda untuk berbelanja online sepuasnya lewat tokot-toko online atau B2B Marketplace Indonesia  yang banyak beredar di dunia maya. Biasakan anak untuk bijak berbelanja sejak dini agar di masa depan mereka bisa mengatur keuangan dengan baik sekaligus tetap bisa memenuhi semua kebutuhan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *