Rak kayu menjadi salah satu perabotan rumah yang banyak dicari. Terlebih bagi mereka yang memang menyukai furnitur kayu. Hal ini tidak terepas dari nilai elegan dan klasik dari furnitur kayu itu sendiri. Jadi untuk rak kayu ini, selain dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan benda-benda berukuran mungil, rak tersebut juga sekaligus menjadi interior kamar.

Saat ini sudah banyak toko furnitur yang menjual berbagai pilihan rak. Ada yang terbuat dari besi maupun kayu. Konsep yang diusung pun beragam, mulai dari yang klasik hingga modern. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing. Begitu pula dengan teknik perawatannya juga berbeda satu sama lain.

Rak Kayu

Cara Merawat Rak Kayu

Merawat furnitur yang berbahan dasar kayu tidaklah sama dengan merawat furnitur yang terbuat dari besi. Rak yang terbuat dari kayu ini beresiko dijadikan sasaran rayap, sedangkan rak yang terbuat dari besi memungkinkan untuk berkarat. Nah berikut adalah cara merawat rak kayu yang bisa Anda terapkan di rumah agar rak kayu maupun furnitur kayu lainnya senantiasa awet.

  1. Bersihkan rak hingga ke celah-celah ukiran secara rutin

Aapabila terdapat ukiran di rak kayu Anda, itu artinya Anda harus rajin membersihkan sela-sela ukiran tersebut. Perlu diketahui bahwa debu yang menempel pada lekukan ukiran tersebut memungkinkan tumbuhnya jamur, sehingga membersihkannya secara rutin sangatlah disarankan.

  1. Menjaga kelembaban suhu

Suhu ruangan yang lembab tidak bersahabat dengan furnitur berbahan apa pun, termasuk rak kayu. Ya, furnitur yang berbahan kayu, besi, maupun alumunium juga bisa mengalami keropos apabila ditempakan di suhu ruang yang lembab. Inilah mengapa Anda disarankan menempatkan rak kayu atau furnitur kayu lainnya di ruang dengan sirkulasi udara yang baik.

Letakkan furnitur kayu tersebut di ruang yang berventilasi. Bukalah ventilasi secara rutin agar sirkulasi udara selalu lancar sehingga tidak membuat furnitur menjadi lembab.

  1. Jangan tunda bersihkan noda

Rak kayu yang ada di rumah seringkali menjadi spot andalan untuk meletakkan benda. Mulai dari buku, vas bunga, foto-foto, dan lainnya. Bahkan tidak jarang ada juga yang meletakkan gelas atau piring di atas rak. Terlebih jika Anda mempunyai anak kecil yang mungkin saja menaruh jajanannya di atas rak. Sehingga hal ini memungkinkan rak untuk terkena noda.

Perihal ini, sebaiknya Anda segera membersihkan noda tersebut. Jangan mendiamkan atau menunda membersihkan noda yang ada pada rak, karena ketika noda sudah mengering justru akan lebih sulit dibersihkan dan dihilangkan.

  1. Manfaatkan cairan polish

Cairan ini bermanfaat untuk meminimalisir resiko keropos pada rak kayu. Cairan pelapis furnitur ini bisa Anda poleskan pada seluruh bagian rak kayu, baik yang terlihat maupun di sela-sela ukirannya (jika ada).

Demikianlah 4 cara merawat rak kayu yang bisa Anda terapkan di rumah. Merawat furnitur kayu memang susah-susah gampang, tapi merawat rak kayu juga menjadi keharusan dibandingkan harus membeli rak baru hanya karena tidak rajin merawat rak yang sudah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *