Operasi penggantian lutut atau yang sering dikenal dengan TKR merupakan prosedur medis yang dilakukan unutk menganti sendi lutut yang telah rusak dengan sendi buatan unutk mengembalikan fungsi sendi kutut itu sendiri. Selain biaya operasi TKR, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai operasi TKR.

Lutut

Indikasi Operasi Penggantian Lutut

Penyebab utama seseorang harus menjalani operasi pergantian lutut adalah adanya radang sendi. Akan tetapi ternyata radang sendi sendiri memiliki beberpa jenis. Jenis radang sendi yang mengharuskan seseorang melakukan operasi pergantuan lutut antara lain rheumatoid artritis, osteoarthristis, dan artritis.

Penderita radang sendi cenderung mengalami kesulitan selama melakukan aktivitas yang mengandalkan sistem kerja lutut. Pada umumnya seseorang yang menderita radang sendi dianjurkan untuk menjalankan pengobatan tanpa operasi sebelum direkomendasikan dokter untuk menjalani operasi pergantian lutut.

Peringatan Operasi Penggantian Lutut

Ternyata, tidak semua penderita radang sendi dapat menjalani operasi pergamtian lutut. Ada beberapa kondisi yang menyatakan seseorang arthritis tidak dapat menjalani prosedur operasi pergantian lutut antara lain menderita septic arthritis, menderita infeksi, kelaianan otot tungkai, dan seseorang yang menderita obesitas.

Persiapan Operasi Penggantian Lutut

Selain biaya operasi TKR, seseorang yang akan menjalani operasi pergantian lutut harus menjalani pemeriksaan untuk memastikan perlunya operasi pergantian lutut yang akan dilakukan. Pemeriksaan yang akan dilakukan sang pasien antara lain pemeriksaan riwayat kesehatan, kondisi fisik, tes darah, tes MRI, hingga CT scan.

Apabila berdasarkan tes yng dilakukan seseorang dianjurkan untuk melakukan operasi pergantian lutut, maka dokter akan menginformasikan kepada sang pasien terkait prosedur operasi yang akan dilakukan. Selain itu, dokter akan meminta sang pasien untuk berhenti mengonsumsi obat-obatan terutama obat pengencer darah.

Pasca Operasi Penggantian Lutut

Pada umumnya, pasien akan mengalami rasa nyeri pada bagian lutut setelah menjalani operasi total knee replacement. Hal ini merupakan gejala umum yang dialami pasein selama masa pemulihan. Untuk itu, dokter akan memberikan obat pereda nyeri untuk meredakan nyeri yang dialami oleh pasien.

Selama masa rawat inap di rumah sakit, dokter ataupun petugas akan bertugas membantu Anda melakukan latihan pernapasan dan mulai melakukan aktivitas fisik yang menggunakan lutut. Latihan itu harus dilakukan secara rutih agar sang pasien dapat terbiasa dengan lutut buata yang baru saja dipasang.

Masa pemulihan operasi pergantian lutut biasaya berlangsung sekitar 3-6 minggu. Setelah masa pemulihan selesai, sang pasien sudah dapat melakukan aktivitas fisik ringan yang dapat dilakukan di rumah. Meskipun begitu, pasien masih harus menghindari aktivitas fisik yang tergolong berat.

Risiko Operasi Penggantian Lutut

Saat ini, operasi pergantian lutut memang aman untuk dijalani dan cenderung jarang menimbulkan efek samping yang timbul pasca operasi. Risiko yang jarang terjadi ini antara lain kerusakan syaraf pada area operasi, stroke, infeksi, hingga serangan jantung. Namun hal tersebut sangat jarang dijumpai.

Itulah beberapa penjelasan mengenai total knee replacement. Apakah Anda termasuk orang yang hendak menjalankan operasi pergantian lutut? Jika iya, segeralah hunbungi dokter.my. Melaui dokter.my, Anda bisa mendapatkan berbagai pilihan dokter spesialis ortopedi yang ahli mengatasi operasi pergantian lutut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *