Di tempat jual susu bayi biasanya juga tersedia berbagai peralatan minum susu yang lengkap sesuai dengan usia serta tumbuh kembang bayi. Tak terkecuali juga pasti tersedia beragam opsi produk botol dot serta tak ketinggalan juga jenis produk sippy cup. Dua peralatan minum susu bayi ini sesuai dengan kondisi bayi menurut usia masing-masing. Ini penjelasanya ya!

Dot Susu

Alasan Pembiasaan Sippy Cup daripada Botol Dot

Selain meminum ASI langsung dari mama penggunaan botol dot biasanya yang paling terbaik dan efektif hanya untuk bayi dengan usia di bawah 1 tahun saja ya. Pada umurnya yang menginjak 12 bulan ke atas bayi harus mulai dibiasakan memakai sippy cup atau bahkan cangkir minum susu. Hal ini demi tumbuh kembang optimal buah hati Anda tercinta tersebut.

Penggunaan botol dot secara tak langsung bisa mengganggu tumbuh kembang gigi bayi jika telah mulai tumbuh. Suasana asam yang berasal dari botol susu akan secara perlahan mengikis mineral kalsium dalam elemen gigi bayi. Hal ini justru akan membuat gigi bayi kurang kuat dan akan mengalami potensi mudah keropos pada kemudian hari pertumbuhan.

Selain itu penggunaan dot pada usia bayi lebih dari 12 bulan kurang kompatibel dengan usianya yang sudah harus akrab dengan MPASI. Hal ini akan merangsang bayi minum susu secara berlebihan dengan mengabaikan asupan lainnya yang harus sudah bervariasi dari makanan padat misal MPASI. Jika diabaikan akan menghambat nutrisi bayi yang berimbang.

Prosedur Transisi dari Botol Dot ke Sippy Cup

Sippy Cup
Gambar Sippy Cup

Di tempat jual susu bayi juga ada produk bernama sippy cup. Hal ini untuk mendukung tumbuh kembang bayi sesuai dengan pertambahan usianya dengan normal ya. Sippy cup berfungsi sebagai item untuk membantu transisi bayi dari minum susu menggunakan botol dot untuk suatu saat nanti beralih sepenuhnya dengan menggunakan cangkir yang seharusnya.

Sebagai langkah yang efektif transisi tersebut harus dilakukan secara lembut serta natural. Sebisa mungkin berikan pemahaman pada si kecil jika kini ia telah memasuki tahapan usia yang baru. Kebiasaan meminum susu dari botol dot harus mulai diminimalisir. Kenalkan sippy cup secara bertahap misal 1/3 dari frekuensi minumnya mulai ganti dengan sippy cup.

Biarkan bayi menjalaninya dengan cara yang menyenangkan. Pilih jenis sippy cup yang atraktif dan menarik untuk bayi. Atau Anda bisa modifikasi dengan karakter kesukaan si kecil agar ia bersemangat saat tengah menggunakannya. Gunakan tipe bujukan lembut untuk bayi.

Atau jika Anda tengah berbelanja ke tempat jual susu bayi, beri kesempatan si kecil pilih sendiri item sippy cup atau cangkir yang mereka minati agar kelak ia merasa terikat untuk lebih memanfaatkannya. Jangan sampai gunakan cara pemaksaan yang keras untuk bayi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *